Jumat, 12 Oktober 2012

Definisi dan Fungsi HUB



Salam Pembelajar saya ucapkan kepada anda yang membaca artikel ini, karena saya sangat yakin kepada anda ketika browsing ke Blog Sugexvai saya pastikan anda adalah seorang pembelajar, so Bersungguh sungguhlah dalam belajar. Langsung Praktikan apa yang sudah anda pelajari itu lebih baik :)

Baiklah pada pembelajaran kali ini saya ingin berbagi ilmu kepada anda "Definisi dan Fungsi HUB". HUB adalah salah satu komponen dalam jaringan komputer, baik jaringan komputer rumahan, maupun jaringan komputer dalam perusahaan. Meskipun hub sudah ada bertahun-tahun, tapi saat ini hub mulai banyak di ketahui oleh orang-orang yang baru dalam dunia jaringan komputer, di bawah ini adalah penjelasan mengenai hub dan komponen-komponen yang berhubungan dengan hub :

Karakter umum dari Hub
Hub adalah sebuah kotak persegi panjang kecil, biasanya terbuat dari plastik, yang menerima daya dari stopkontak dinding biasa. Hub bergabung dengan beberapa komputer (atau perangkat jaringan lainnya) bersama-sama untuk membentuk satu segmen jaringan. Pada segmen jaringan, semua komputer dapat berkomunikasilangsung satu sama lain. Hub Ethernet sejauh ini merupakan jenis paling umum, tetapihub untuk jenis lain jaringan seperti USB juga ada.
Hub mencakup serangkaian port yang masing-masing menerima kabel jaringan. Hub kecil umumnya terdapat 4 port atau lubang, ada juga yang 5 slot. dan biasanya port ke-5 berfungsi sebagai “uplink” untuk di sambungkan pada hub atau perangkat yang serupa. Untuk hub yang ukuran besar, bisanya terdiri atas 8, 12, 16, dan ada yang 24 port.

Fitur utama Hub
Hub mengklasifikasikan sebagai Layer 1 perangkat dalam model OSI. Pada lapisan fisik, hub dapat mendukung sedikit mekanisme jaringan canggih. Hub tidakmembaca data yang melewati mereka dan tidak mengetahui sumber atau tujuan dari data. Pada dasarnya, sebuah hub hanya menerima paket yang datang, dan meneruskan pada tujuan data akan dikirim. Secara teknis, ada 2 jenis Hub :

Pasif
Hub pasif hanya menyampaikan paket data yang di terima ke jaringan, biasanya orang salah mengartikan antara hub pasif dan hub aktif, seperti hal nya salah satu perangkat jaringan khusus yang di sebut repeater.Beberapa orang menggunakan istilah konsentrator ketika mengacu pada sebuah hubpasif dan multiport repeater ketika mengacu ke hub aktif.

Cerdas
Hub Cerdas menambahkan fitur ekstra untuk hub aktif yang penting sekali untuk bisnis. Sebuah hub yang cerdas biasanya adalah stackable (dibangun sedemikianrupa sehingga beberapa unit dapat ditempatkan satu di atas yang lain untukmenghemat ruang). Hal ini juga biasanya mencakup kemampuan manajemen remotemelalui SNMP dan virtual LAN (VLAN) dukungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar